Slide 1
Berita

Kindness Malaysia gandeng YDSF Malang Lakukan Aksi Sosial

Kamis, 7 Desember 2017    

Di Awal bulan Desember, tepatnya Sabtu (2/12) lalu, YDSF Malang berkesempatan menjamu tamu spesial dari negara tetangga Malaysia yakni Kindness Malaysia. Sebuah lembaga yang juga bergerak dibidang sosial di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim Kindness Malaysia jauh-jauh datang ke Indonesia, khususnya ke YDSF Malang adalah ingin menimba ilmu, sharing dan diskusi tentang bagaimana sebuah lembaga sosial bisa terus berjalan dan mendapatkan perhatian donatur untuk bisa berkontribusi dalam setiap program sosial yang dilaksanakan. Tak hanya melakukan lawatan (kunjungan), mereka berempat yakni Norida, Amrail, Siti hawa dan Hafidzah juga mempersiapkan program yang akan dikolaborasikan bersama YDSF Malang. Diantaranya project pintu rejeki (bagi sembako), project anak jalanan (bagi snack ke anak jalanan), project selipar (berbagi sandal ke masjid-masjid) dan project kongsi rejeki (berbagi dengan anak yatim).

Program-program tersebut pun langsung dilaksanakan pada Ahad (3/12) lalu bersama YDSF Malang dan juga mitra-mitra yang siap untuk membantu terlaksananya program tersebut. Dimulai pada hari Sabtu, tim Kindness melakukan pertemuan resmi yang membahas tentang program-program YDSF Malang, sharing dan berdiskusi tentang program-program yang bisa dikerjasamakan. Kemudian pada Ahad pagi, tim Kindness Malaysia bersama tim YDSF Malang berkunjung ke lokasi Car Free Day (CFD) yang berada di Jl. Ijen Boelevard. Di sana mereka membagi balon dan permen gratis sembari menggalang dana untuk bencana alam yang banyak melanda beberapa daerah di Indonesia. Rasa gembira tampak jelas di wajah mereka karena melihat warga Malang yang antusias terhadap kegiatan mereka.

Agenda selanjutnya adalah project pintu rejeki dan lokasi yang menjadi pilihan adalah kampung daerah aliran sungai Brantas yang berada di sebelah kantor YDSF Malang. Tim Kindness dibantu YDSF Malang telah mempersiapkan kurang lebih 15 paket sembako yang kemudian dibagikan di kampung tersebut. Rasa haru dan bahagia sempat terekam kamera saat tim kindness menyapa warga dan memberikan paket sembakonya. Pelukan penuh haru mewarnai setiap gang di rumah yang disinggahi. Program berbagi sembako ini berlangsung hingga pukul 11.30 WIB.

Setelah shalat dzuhur, agenda pun dilanjutkan kembali dan program selanjutnya adalah project kongsi rejeki. YDSF Malang telah berkoordinasi dan mempersiapkan mitra LKSA Robbani yang berlokasi di Singosari untuk menjadi tujuan project kali ini. Dalam perjalanan menuju lokasi, tim Kindness menyempatkan diri untuk mampir sebentar ke salah satu wisata unik di Malang yakni kampung warna-warni Jodipan. Beberapa jepretan kamera dan selfie bersama cukup membuat mereka gembira karena sudah mendapatkan oleh-oleh dokumentasi dari wisata di kota Malang.

Setibanya di lokasi, tim Kindness mendapat sambutan yang hangat dari penghuni LKSA Robbani. Mereka menampilkan sebuah pertunjukan musikalitas dan mempersembahkannya untuk tim Kindness Malaysia. Beberapa sambutan dan harapan pun terucap dari Pimpinan LKSA salah satunya adalah agar selalu mendukung kegiatan sosial dimanapun berada. Pemotongan tumpeng oleh Norida, salah satu Koordinator tim Kindness juga menghiasi agenda ini.

Selepas dari LKSA, tim melanjutkan perjalanan pulang sembari melaksanakan agenda berikutnya yakni project selipar (berbagi sandal). Beberapa masjid disepanjang perjalanan disinggahi dan diberikan sandal yang telah dipersiapkan oleh tim. Ada total 5 masjid yang menjadi target penyaluran. Di tengah jalan, tepatnya di daerah FlyOver Arjosari, seluruh tim berhenti dan menepikan mobilnya. Project anak jalanan yang merupakan agenda terakhir dalam rangkaian program hari itu menjadi penutup seluruh kegiatan yang memakan waktu setengah hari itu. Puluhan kotak yang berisi snack pun dibagikan ke setiap orang yang berada di jalan, bahkan sopir angkot pun antusias menerima snack yang dibagikan secara gratis itu.

Tim YDSF Malang juga mengantarkan tim Kindness untuk bertemu langsung dengan beberapa aremania yang kebetulan tengah menggalang dana di bawah flyover. Dengan tabuhan drum dan nyanyian khasnya, para aremania menyambut rombongan tim Kindness dan YDSF Malang untuk bergabung. Tak ingin ketinggalan momen, tim Kindness pun mengabadikan diri untuk berfoto bersama arema dan tak lupa ikut menyumbang dalam penggalangan dana oleh Arema saat itu. Rasa puas dan penasaran para tim pun terobati karena sudah menyaksikan sendiri salah satu ciri khas Kota Malang yakni Arema.

Tim Kindness Malaysia terkesan sekali dengan penyambutan yang melebihi ekspektasi. Menurut mereka warga Malang sangat ramah dan baik sekali orangnya. Menurut Norida, YDSF Malang sudah seperti lembaga Sosial sekelas pemerintah jika disamakan dengan Malaysia. Karena menurutnya, program-program YDSF Malang sangat kompleks, mencakup seluruh kehidupan sosial. Sehingga Tim Kindness merasa beruntung bisa berkesempatan belajar banyak bersama YDSF Malang.

Demikianlah rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan tim Kindness bersama YDSF Malang. Rasa lelah yang terasa seperti melebur menjadi satu dengan kepuasan bisa berbagi kepada sesama selama seharian. Tim Kindness Malaysia juga berharap, YDSF Malang bisa berkunjung ke Malaysia bertemu dengan tim Kindness dan berkolaborasi bersama dalam program-program sosial kedepannya.


Komentar Anda

Berita Lainnya