Slide 1
Berita

Persyaratan dan Ketentuaan Peserta Lomba Inovasi Pendidikan

Senin, 6 Maret 2017    

A.   Pengertian
1.    Inovasi adalah penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan, atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat);
2.    Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran dan pelatihan.
3.    Guru PAUD, SD, SMP adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik di jenjang PAUD, SD, SMP;
4.    Lomba Inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP adalah suatu ajang kompetisi penemuan/penciptaan hal-hal baru atau pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran yang dalam hal ini diklasifikasikan menjadi dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa bagi guru PAUD, SD, SMP.
 
B.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup kegiatan lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru PAUD, SD, SMP yang merupakan hasil penemuan/penciptaan hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran pembelajaran yang dalam hal ini diklasifikasikan menjadi dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa.
 
C.    Tema, Materi, dan Isi Karya Lomba
Tema lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 adalah “Inovasi Pendidikan Memberdayakan Insan Kreatif dan Berkarakter” dengan dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran. Judul karya inovasi pendidikan yang diikutkan dalam lomba mengacu pada tema dan kategori yang dipilih tersebut di atas. Sedangkan isi karya inovasi pendidikanyang dilombakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
 
D.   Prinsip-prinsip Lomba
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 bersifat edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
1.    Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang di hasilkan;
2.    Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru secara sehat;
3.    Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
4.    Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
5.    Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
6.    Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan;
7.    Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.
 
Dan adapun karakteristik inovasi dalam karya tulis peserta mencakup sebagaimana Rogers (1983) mengklasifikasikan karakteristik inovasi menjadi  lima, yaitu:
1.    keunggulan relatif (relative advantage); Keunggulan relatif adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik/unggul dari yang pernah ada sebelumnya. Hal ini dapat diukur dari beberapa segi, seperti segi eknomi, prestise social, kenyamanan, kepuasan dan lain-lain. Semakin besar keunggulan relatif dirasakan oleh pengadopsi, semakin cepat inovasi tersebut dapat diadopsi.
2.    kompatibilitas (compatibility); Kompatibilitas adalah derajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu dan kebutuhan pengadopsi. Sebagai contoh, jika suatu inovasi atau ide baru tertentu tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, maka inovasi itu tidak dapat diadopsi dengan mudah sebagaimana halnya dengan inovasi yang sesuai (compatible).
3.    kerumitan (complexity); Kerumitan adalah derajat dimana inovasi dianggap sebagai suatu yang sulit untuk dipahami dan digunakan. Beberapa inovasi tertentu ada yang dengan mudah dapat dimengerti dan digunakan oleh pengadopsi dan ada pula yang sebaliknya. Semakin mudah dipahami dan dimengerti oleh pengadopsi, maka semakin cepat suatu inovasi dapat diadopsi.
4.    kemampuan diuji cobakan (trialability); Kemampuan untuk diuji cobakan adalah dimana suatu inovasi dapat diuji-coba batas tertentu. Suatu inovasi yang dapat di uji-cobakan dalam seting sesungguhnya umumnya akan lebih cepat diadopsi. Jadi, agar dapat dengan cepat diadopsi, suatu inovasi sebaiknya harus mampu menunjukkan (mendemonstrasikan) keunggulannya.
5.    kemampuan diamati (observability); Kemampuan untuk diamati adalah derajat dimana hasil suatu inovasi dapat terlihat oleh orang lain. Semakin mudah seseorang melihat hasil dari suatu inovasi, semakin besar kemungkinan orang atau sekelompok orang tersebut mengadopsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar keunggulan relatif; kesesuaian (compatibility); kemampuan untuk diuji cobakan dan kemampuan untuk diamati serta semakin kecil kerumitannya, maka semakin cepat kemungkinan inovasi tersebut dapat diadopsi.
 
E.    Ketentuan Lomba
Ketentuan Umum :
1.       Lomba Inovasi pendidikan2017 diikuti oleh guru Muslim dan muslimah dari jenjang PAUD, SD, dan SMP sederajat di seluruh Jawa Timur baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.
2.       Kategori Lomba:
a.    Kategori I : Lomba Inovasi pendidikan Karakter Bangsa  (Kode : INOVKAR)
                                 i.    Diikuti oleh guru PAUD, SD, SMP
                                ii.    Peserta disilakan memilih karakter yang diajarkan kepada peserta didik.
b.    Kategori II : Lomba Inovasi Pembelajaran (Kode : INOVJAR)
                                 i.    Diikuti oleh guru PAUD, SD, SMP
                                ii.    Peserta memilih salah satu dari bidang matematika, IPA, IPS dan Bahasa.
3.       Setiap peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kategori dan mengirimkan 1 (satu) karya tulis.
4.       Peserta adalah Guru PAUD, SD, dan SMP sederajat baik Negeri maupun Swasta yang masih aktif, memiliki NUPTK dan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
5.       Peserta belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 tingkat propinsi dan nasional untuk tahun 2014, 2015, 2016 yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga manapun, pada lomba :
a.    Guru prestasi dan sejenisnya pada jenjang PAUD, SD, dan SMP sederajat
b.    Lomba Inovasi pendidikan karakter bangsa
c.     Lomba Inovasi Pembelajaran,
d.    Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2014, 2015, atau 2016.
 
6.       Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang dilaksanakan oleh instansi/lembaga lain (tidak boleh penelitian skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian yang telah dipublikasikan sebelum kegiatan ini).
 
F.    Persyaratan Lomba
1.    Karya tulis yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pendidikan Jawa Timur 2017
a.    Bersifat individual,
b.    Satu karya,
c.     Orisinal,
d.    Telah dimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya.
e.    Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional
f.     Tiga persyaratan (c, d, dan e) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas lembar bermaterai Rp. 6000,00
2.    Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta lomba inovasi pendidikan bagi guru Paud, SD dan SMP tingkat nasional tahun 2017, adalah:
a.    Guru PAUD, SD, SMP dengan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah;
b.    Melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
c.     Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) (melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan);
d.    Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
e.    Melampirkan surat pernyataan sebagaimana terlampir.
3.    Persyaratan Karya
Persyaratan karya yang diikutkan dalam lomba inovasi pendidikan bagi guru Paud, SD dan SMP tingkat Propinsi Jawa Timur  tahun 2017 sebagai berikut :
a.    Karya inovasi pendidikan bersifat individual.
b.    Dibuat 2 (tahun) tahun terakhir.
c.     Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara regional, nasional maupun internasional.
d.    Naskah dan dokumen pendukung dibuat rangkap 2 (dua) asli.
Empat persyaratan (a, b, c, d) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas kertas bermeterai (lampiran 3)
 
 
G.   Teknik dan Sistematika Penulisan Naskah
Penulisan naskah karya tulis yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP sederajat tingkat propinsi Jawa Timur tahun 2017  harus memenuhi persyaratan teknis sebagai berikut.
1.    Jumlah halaman naskah minimum 20 halaman dan maksimum 40 halaman.
2.    Naskah karya tulis  Lomba Inovasi Pendidikan bagi guru PAUD, SD, dan SMP tingkat propinsi Jawa Timur disusun dengan ketentuan:
a)    ukuran kertas A4;
b)    orientasi potret (portrait);
c)     garis tepi (margin): atas 3 cm, kiri 3 cm, bawah 2,5 cm, dan kanan 2,5 cm;
d)    jenis huruf: Arial;
e)    ukuran huruf (font) 11 pt;
f)     spasi 1 ½;
g)    penulisan naskah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
h)    Jika dikirim hardcopy, naskah karya tulis dicetak diatas kertas 80 mg.
3.    Sistematika Naskah Inovasi pendidikan
 
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran:
B. Rancangan Karya Inovasi pendidikan
BAB III KARYA INOVASI PENDIDIKAN
A. Ide Dasar
B. Proses Penemuan/pembaharuan
 
C. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
D. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi pendidikan
E. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi pendidikan
 
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
 
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (contoh terlampir)
 
H.   Tahapan Lomba
     I.        Pendaftaran Peserta
1.    Peserta mendaftaran diri kepada Panitia Lomba Inovasi pendidikan 2017 dengan pilihan cara salah satu dibawah ini :
a.    mengambil formulir pendaftaran di kantor sekretariat Panitia YDSF Malang, Jalan Kahuripan 21 Malang atau mengunduh formulir pendaftaran dari laman www.ydsf-malang.or.id .
b.    Mengirim sms dengan format lombainovasijatim_nama_asal_jenjang_kategori lomba dikirim ke nomor 085370668106. Dan mengirim biodata pendaftaran melalui google document dengan bit.ly/inovasiguru2017
2.    Pendaftaran dimulai pada tanggal 7 Maret 2017 sampai dengan 31 Maret 2107
3.    Peserta akan mendapatkan nomor peserta lomba setelah formulir pendafataran diterima panita.
 
    II.        Seleksi Karya Ilmiah
1.    Peserta menyusun naskah Karya Ilmiah  sesuai dengan ketentuan (bisa ditambahkan dokumen atau file pendukung, contoh: video pembelajaran berdurasi 5-7 menit) dan mengirimkan kepada panitia dengan pilihan cara salah satu di bawah ini :
a.    dalam bentuk harcopy dikirimkan ke Sekretariat Lomba Inovasi Pendidikan Kantor YDSF Malang Jl. Kahuripan 21 Malang. File pendukung dapat disertakan dalam bentuk CD.
b.    Dalam bentuk softcopy (format dokumen PDF) dikirimkan melalui surat elektronik ke alamat email panitia lombainovasijatim@gmail.com
2.    Naskah Karya Ilmiah harus diterima panitia paling lambat tanggal 31 Maret  2017.
3.    Juri akan menyeleksi hasil karya tulis siswa sesuai dengan syarat dan ketentuan Lomba Inovasi Pendidikan tahun 2017.
 
   III.        Proses Pelaksanaan
1.    Pengumuman para finalis akan ditampilkan secara terbuka melalui laman www.ydsf-malang.or.id pada tanggal 2 Mei 2017
2.    Peserta yang lolos seleksi karya tulis akan mendapatkan undangan tertulis untuk mengikuti final Lomba Inovasi Pendidikan tahun 2017 berupa uji publik Karya Ilmiah.
3.    Jumlah finalis yang mengikuti uji publik hasil karya tulis untuk semua kategori adalah 18 orang.
4.    Peserta yang diundang uji publik akan menyajikan hasil karyanya dihadapan juri.
 
   IV.        Pengumuman
Juri mengumumkan 3 pemenang setiap kategori dan 1 orang pemenang Best of The Best pada kegiatan Puncak Final Inovasi pendidikan 2017 dan Seminar Pendidikan 2017 dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Karakter : mempersiapkan Generasi era Digital Menjadi Pemimpin Masa Depan”A.   Pengertian
1.    Inovasi adalah penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan, atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat);
2.    Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran dan pelatihan.
3.    Guru PAUD, SD, SMP adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik di jenjang PAUD, SD, SMP;
4.    Lomba Inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP adalah suatu ajang kompetisi penemuan/penciptaan hal-hal baru atau pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran yang dalam hal ini diklasifikasikan menjadi dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa bagi guru PAUD, SD, SMP.
 
B.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup kegiatan lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru PAUD, SD, SMP yang merupakan hasil penemuan/penciptaan hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran pembelajaran yang dalam hal ini diklasifikasikan menjadi dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa.
 
C.    Tema, Materi, dan Isi Karya Lomba
Tema lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 adalah “Inovasi Pendidikan Memberdayakan Insan Kreatif dan Berkarakter” dengan dua kategori; kategori Inovasi pendidikan karakter bangsa dan kategori inovasi pembelajaran. Judul karya inovasi pendidikan yang diikutkan dalam lomba mengacu pada tema dan kategori yang dipilih tersebut di atas. Sedangkan isi karya inovasi pendidikanyang dilombakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
 
D.   Prinsip-prinsip Lomba
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam lomba inovasi pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 bersifat edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
1.    Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang di hasilkan;
2.    Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru secara sehat;
3.    Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
4.    Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
5.    Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
6.    Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan;
7.    Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.
 
Dan adapun karakteristik inovasi dalam karya tulis peserta mencakup sebagaimana Rogers (1983) mengklasifikasikan karakteristik inovasi menjadi  lima, yaitu:
1.    keunggulan relatif (relative advantage); Keunggulan relatif adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik/unggul dari yang pernah ada sebelumnya. Hal ini dapat diukur dari beberapa segi, seperti segi eknomi, prestise social, kenyamanan, kepuasan dan lain-lain. Semakin besar keunggulan relatif dirasakan oleh pengadopsi, semakin cepat inovasi tersebut dapat diadopsi.
2.    kompatibilitas (compatibility); Kompatibilitas adalah derajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu dan kebutuhan pengadopsi. Sebagai contoh, jika suatu inovasi atau ide baru tertentu tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, maka inovasi itu tidak dapat diadopsi dengan mudah sebagaimana halnya dengan inovasi yang sesuai (compatible).
3.    kerumitan (complexity); Kerumitan adalah derajat dimana inovasi dianggap sebagai suatu yang sulit untuk dipahami dan digunakan. Beberapa inovasi tertentu ada yang dengan mudah dapat dimengerti dan digunakan oleh pengadopsi dan ada pula yang sebaliknya. Semakin mudah dipahami dan dimengerti oleh pengadopsi, maka semakin cepat suatu inovasi dapat diadopsi.
4.    kemampuan diuji cobakan (trialability); Kemampuan untuk diuji cobakan adalah dimana suatu inovasi dapat diuji-coba batas tertentu. Suatu inovasi yang dapat di uji-cobakan dalam seting sesungguhnya umumnya akan lebih cepat diadopsi. Jadi, agar dapat dengan cepat diadopsi, suatu inovasi sebaiknya harus mampu menunjukkan (mendemonstrasikan) keunggulannya.
5.    kemampuan diamati (observability); Kemampuan untuk diamati adalah derajat dimana hasil suatu inovasi dapat terlihat oleh orang lain. Semakin mudah seseorang melihat hasil dari suatu inovasi, semakin besar kemungkinan orang atau sekelompok orang tersebut mengadopsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar keunggulan relatif; kesesuaian (compatibility); kemampuan untuk diuji cobakan dan kemampuan untuk diamati serta semakin kecil kerumitannya, maka semakin cepat kemungkinan inovasi tersebut dapat diadopsi.
 
E.    Ketentuan Lomba
Ketentuan Umum :
1.       Lomba Inovasi pendidikan2017 diikuti oleh guru Muslim dan muslimah dari jenjang PAUD, SD, dan SMP sederajat di seluruh Jawa Timur baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.
2.       Kategori Lomba:
a.    Kategori I : Lomba Inovasi pendidikan Karakter Bangsa  (Kode : INOVKAR)
                                 i.    Diikuti oleh guru PAUD, SD, SMP
                                ii.    Peserta disilakan memilih karakter yang diajarkan kepada peserta didik.
b.    Kategori II : Lomba Inovasi Pembelajaran (Kode : INOVJAR)
                                 i.    Diikuti oleh guru PAUD, SD, SMP
                                ii.    Peserta memilih salah satu dari bidang matematika, IPA, IPS dan Bahasa.
3.       Setiap peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kategori dan mengirimkan 1 (satu) karya tulis.
4.       Peserta adalah Guru PAUD, SD, dan SMP sederajat baik Negeri maupun Swasta yang masih aktif, memiliki NUPTK dan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
5.       Peserta belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 tingkat propinsi dan nasional untuk tahun 2014, 2015, 2016 yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga manapun, pada lomba :
a.    Guru prestasi dan sejenisnya pada jenjang PAUD, SD, dan SMP sederajat
b.    Lomba Inovasi pendidikan karakter bangsa
c.     Lomba Inovasi Pembelajaran,
d.    Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2014, 2015, atau 2016.
 
6.       Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang dilaksanakan oleh instansi/lembaga lain (tidak boleh penelitian skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian yang telah dipublikasikan sebelum kegiatan ini).
 
F.    Persyaratan Lomba
1.    Karya tulis yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pendidikan Jawa Timur 2017
a.    Bersifat individual,
b.    Satu karya,
c.     Orisinal,
d.    Telah dimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya.
e.    Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional
f.     Tiga persyaratan (c, d, dan e) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas lembar bermaterai Rp. 6000,00
2.    Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta lomba inovasi pendidikan bagi guru Paud, SD dan SMP tingkat nasional tahun 2017, adalah:
a.    Guru PAUD, SD, SMP dengan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah;
b.    Melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
c.     Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) (melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan);
d.    Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
e.    Melampirkan surat pernyataan sebagaimana terlampir.
3.    Persyaratan Karya
Persyaratan karya yang diikutkan dalam lomba inovasi pendidikan bagi guru Paud, SD dan SMP tingkat Propinsi Jawa Timur  tahun 2017 sebagai berikut :
a.    Karya inovasi pendidikan bersifat individual.
b.    Dibuat 2 (tahun) tahun terakhir.
c.     Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara regional, nasional maupun internasional.
d.    Naskah dan dokumen pendukung dibuat rangkap 2 (dua) asli.
Empat persyaratan (a, b, c, d) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas kertas bermeterai (lampiran 3)
 
 
G.   Teknik dan Sistematika Penulisan Naskah
Penulisan naskah karya tulis yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pendidikan bagi guru PAUD, SD, SMP sederajat tingkat propinsi Jawa Timur tahun 2017  harus memenuhi persyaratan teknis sebagai berikut.
1.    Jumlah halaman naskah minimum 20 halaman dan maksimum 40 halaman.
2.    Naskah karya tulis  Lomba Inovasi Pendidikan bagi guru PAUD, SD, dan SMP tingkat propinsi Jawa Timur disusun dengan ketentuan:
a)    ukuran kertas A4;
b)    orientasi potret (portrait);
c)     garis tepi (margin): atas 3 cm, kiri 3 cm, bawah 2,5 cm, dan kanan 2,5 cm;
d)    jenis huruf: Arial;
e)    ukuran huruf (font) 11 pt;
f)     spasi 1 ½;
g)    penulisan naskah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
h)    Jika dikirim hardcopy, naskah karya tulis dicetak diatas kertas 80 mg.
3.    Sistematika Naskah Inovasi pendidikan
 
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran:
B. Rancangan Karya Inovasi pendidikan
BAB III KARYA INOVASI PENDIDIKAN
A. Ide Dasar
B. Proses Penemuan/pembaharuan
 
C. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
D. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi pendidikan
E. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi pendidikan
 
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
 
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (contoh terlampir)
 
H.   Tahapan Lomba
     I.        Pendaftaran Peserta
1.    Peserta mendaftaran diri kepada Panitia Lomba Inovasi pendidikan 2017 dengan pilihan cara salah satu dibawah ini :
a.    mengambil formulir pendaftaran di kantor sekretariat Panitia YDSF Malang, Jalan Kahuripan 21 Malang atau mengunduh formulir pendaftaran dari laman www.ydsf-malang.or.id .
b.    Mengirim sms dengan format lombainovasijatim_nama_asal_jenjang_kategori lomba dikirim ke nomor 085370668106. Dan mengirim biodata pendaftaran melalui google document dengan bit.ly/inovasiguru2017
2.    Pendaftaran dimulai pada tanggal 7 Maret 2017 sampai dengan 31 Maret 2107
3.    Peserta akan mendapatkan nomor peserta lomba setelah formulir pendafataran diterima panita.
 
    II.        Seleksi Karya Ilmiah
1.    Peserta menyusun naskah Karya Ilmiah  sesuai dengan ketentuan (bisa ditambahkan dokumen atau file pendukung, contoh: video pembelajaran berdurasi 5-7 menit) dan mengirimkan kepada panitia dengan pilihan cara salah satu di bawah ini :
a.    dalam bentuk harcopy dikirimkan ke Sekretariat Lomba Inovasi Pendidikan Kantor YDSF Malang Jl. Kahuripan 21 Malang. File pendukung dapat disertakan dalam bentuk CD.
b.    Dalam bentuk softcopy (format dokumen PDF) dikirimkan melalui surat elektronik ke alamat email panitia lombainovasijatim@gmail.com
2.    Naskah Karya Ilmiah harus diterima panitia paling lambat tanggal 31 Maret  2017.
3.    Juri akan menyeleksi hasil karya tulis siswa sesuai dengan syarat dan ketentuan Lomba Inovasi Pendidikan tahun 2017.
 
   III.        Proses Pelaksanaan
1.    Pengumuman para finalis akan ditampilkan secara terbuka melalui laman www.ydsf-malang.or.id pada tanggal 2 Mei 2017
2.    Peserta yang lolos seleksi karya tulis akan mendapatkan undangan tertulis untuk mengikuti final Lomba Inovasi Pendidikan tahun 2017 berupa uji publik Karya Ilmiah.
3.    Jumlah finalis yang mengikuti uji publik hasil karya tulis untuk semua kategori adalah 18 orang.
4.    Peserta yang diundang uji publik akan menyajikan hasil karyanya dihadapan juri.
 
   IV.        Pengumuman
Juri mengumumkan 3 pemenang setiap kategori dan 1 orang pemenang Best of The Best pada kegiatan Puncak Final Inovasi pendidikan 2017 dan Seminar Pendidikan 2017 dengan tema “Revitalisasi Pendidikan Karakter : mempersiapkan Generasi era Digital Menjadi Pemimpin Masa Depan”


Lampiran 1 Biodata Peserta
 
Biodata Peserta
LOMBA INOVASI PENDIDIKAN 2017
BAGI GURU PAUD, SD DAN SMP TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR
1.    Nama Lengkap                          :
(lengkap dengan gelar)
2.    Tempat/Tanggal Lahir                :
3.    Jenis Kelamin                             :
4.    NIP                                                :
5.    Jabatan                                        :
6.    Pangkat/Golongan                     :
7.    Unit Kerja                                     :
8.    NUPTK                                         :
9.    DAPODIK                                     :
10.  Alamat Unit Kerja                       :
11.  Alamat Rumah                            :
12.  Nomor Telepon/HP                    :
13.  Alamat email                               :
14.  Pendidikan Terakhir
a.    Perguruan Tinggi                       :
b.    Fakultas/Jurusan                        :
c.     Tahun Tamat                               :
15.  Mata Pelajaran yang diampu  :
16.  Pengalaman Mengajar             : ……… Tahun
17.  Prestasi/Penghargaan yang pernah diraih
a.    Tingkat Sekolah                         : bidang …… tahun ……
b.    Tingkat Kab/Kota                       : bidang …… tahun ……
c.     Tingkat Provinsi                        : bidang …… tahun ……
d.    Tingkat Nasional                       : bidang …… tahun ……
e.    Tingkat Internasional                : bidang …… tahun ……
18.  Pengalaman Penelitian           :
 
Yang membuat,
………, ………… 2017
 
(Nama Jelas)

 
Lampiran 2 Halaman Pernyataan
HALAMAN PERNYATAAN.
Surat pernyatan menggunakan format sebagai berikut.

KOP SEKOLAH
SURAT PERNYATAAAN INTEGRITAS
Saya, yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                            : (diisi nama lengkap dan gelar)
NIP                               : (diisi nomor induk pegawai)
Jabatan                         : (diisi jabatan guru saat ini)
Pangkat/Golongan         : (diisi pangkat/golongan guru saat ini)
Unit Kerja                     : (diisi unit kerja guru bertugas)
NUPTK                          : (diisi nomor urut pendidik dan tenaga kependidikan)
menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya Inovasi Pembelajaran yang berjudul:
“……………………………………………………………………………………………………………………………”
1.    Karya inovasi pembelajaran ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain, dan bukan skripsi, tesis atau disertasi;
2.    Penemuan/pembaharuan saya buat pada tahun ……;
3.    Telah saya didesiminasikan di MGMP Kabupaten/kota ……;
4.    Saya belum pernah mengikutsertakan karya ini dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun internasional;
5.    Saya belum menjadi nominator tingkat provinsi dan nasional lomba inovasi pembelajaran bagi guru PAUD, SD, SMP tahun 2014, 2015, atau 2016;
6.    Saya belum pernah menjadi peserta pemilihan guru PAUD, SD atau SMP berprestasi tingkat nasional pada tahun 2014, 2015, atau 2016;
7.    Saya tidak sedang dalam tugas belajar yang dibiayai Negara;
 

Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebuat di atas, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan dan perundang yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.
……, ……… 2017
Yang Membuat pernyataan,
Materai 6.000

Tanda tangan

(Nama Jelas)

 
Lampiran 3 Halaman Pernyataan
HALAMAN PERNYATAAN
Surat Pernyataan Kepala Sekolah
  
KOP SEKOLAH
SURAT PERNYATAAAN MEMILIKI DAPODIK, NUPTK DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
Saya, yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                            : (diisi nama lengkap dan gelar kepalasekolah)
NIP                                : (diisi nomor induk pegawai)
Pangkat/Golongan     : (diisi pangkat/golongan kepala sekolah saat ini)
Jabatan                        : Kepala Sekolah SMP …
menyatakan dengan sebenarnya bahwa:
Nama                            : (diisi nama lengkap dan gelar)
NIP                                : (diisi nomor induk pegawai guru)
Pangkat/Golongan     : (diisi pangkat/golongan guru saat ini)
Unit Kerja                     : (diisi unit kerja guru bertugas)
NUPTK                         : (diisi nomor urut pendidik dan tenaga kependidikan)
Yang bersangkutan:
1.    Memiliki NUPTK
2.    memiliki DAPODIK.
Melaksakan pembelajaran


Surat pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
……, ……… 2017
Yang Membuat pernyataan,
Kepala Sekolah

Materai 6.000

Tanda tangan
(Nama Jelas)

 
Lampiran 4 Halaman Pernyataan (bagi guru yang tidak mempunyai NUPTK)
HALAMAN PERNYATAAN
Surat Pernyataan Kepala Sekolah

KOP SEKOLAH
SURAT PERNYATAAN AKTIF MENGAJAR
Saya, yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                           : (diisi nama lengkap dan gelar kepalasekolah)
NIP                               : (diisi nomor induk pegawai)
Pangkat/Golongan    : (diisi pangkat/golongan kepala sekolah saat ini)
Jabatan                       : Kepala Sekolah …
menyatakan dengan sebenarnya bahwa:
Nama                           : (diisi nama lengkap dan gelar)
NIP                               : (diisi nomor induk pegawai guru)
Unit Kerja                    : (diisi unit kerja guru bertugas)
Yang bersangkutan aktif mengajar di sekolah … sebagai … sejak …


Surat pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
……, ……… 2017
Yang Membuat pernyataan,
Kepala Sekolah

Materai 6.000

Tanda tangan
(Nama Jelas)

Silahkan Download Lampiran disini dan Formulir Pendaftaran disini


Komentar Anda

Berita Lainnya